SMKN 1 Banda Dipercayakan Untuk Rakit Komputer

SMKN 1 Banda Dipercayakan Untuk Rakit Komputer

SMKN 1 Banda Dipercayakan Untuk Rakit Komputer

SMKN 1 Banda Dipercayakan Untuk Rakit Komputer

SMK Negeri 1 Banda Kabupaten Maluku Tengah, saat ini mulai ada kepercayaan

dari Pemerintah Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku dan Pemerintah Pusat lewat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Jumlah siswa pada sekolah ini setiap tahun bertambah serta memiliki kualitas yang tidak kalah saingnya dengan sekolah lain di Maluku, seperti aktif mengikuti setiap lomba baik tingkat kabupaten, provinsi dan nasional.

Untuk lomba tingkat provinsi, SMKN 1 Banda pernah mendapat juara 1 lomba LKS

Nautika sehingga mewakili Provinsi Maluku di tingkat nasional dan mendapat peringkat 10.

Demikian penjelasan Kepala SMKN 1 Banda Rachman Rajai, S.Pd kepada Tribun-Maluku.com di Ambon, Rabu (25/11).

Dikatakan, pihaknya kini menambah jurusan Keperawatan, Teknik Komputer

dan Jaringan dan SMKN 1 Banda dipercayakan sebagai sekolah SMK untuk merakit komputer.

Selain itu, Gubernur Maluku dan Bupati Maluku Tengah mendorong sekolah ini untuk menambah jurusan Pariwisata sesuai dengan potensi Pariwisata di Pulau Banda Neira.

Sebagai pimpinan pada sekolah ini, Rajai selalu bersemangat dan bersinergi dengan dunia industri untuk pengembangan siswa di Maluku, agar tidak ketinggalan dengan siswa daerah lain di Indonesia, karena potensi perikanan di Maluku sangat besar dan jika kita tidak siap maka akan menjadi penonton di negeri sendiri.

Lulusan pertama sekolah ini tahun 2006 dan semua alumni SMK Negeri 1 Banda saat ini telah bekerja di Perusahan Perikanan baik di Benoa Provinsi Bali, Makassar Provinsi sulawesi Selatan dan Provinsi Papua serta Papua Barat baik di kapal barang, kapal cepat, kapal penangkap ikan dan perusahan kolstor.

Program Basic Service Training (BST) atau Pendidikan Dasar Keselamatan Pelayaran akan dikembangkan di SMKN 1 Banda, untuk memudahkan anak-anak Maluku belajar di Banda. Jika tidak, maka mereka akan belajar di Cirebon, Makassar dan Surabaya. Untuk itu pihaknya kini sedang mempersiapkan sarana dan prasarana, sedangkan tenaga guru dan pelatih dikirim untuk belajar di Cirebon.

Dikatakan, Ketua MKKS SMK Perikanan se-Indonesia dipercayakan kepada Kepala SMK Perikanan Cirebon, sementara Ketua MKKS SMK Perikanan Provinsi Maluku dipercayakan kepada dirinya sebagai Kepala SMK Negeri 1 Banda.

Kurangnya sarana dan prasarana merupakan kendala yang dihadapi selama ini dan atas kerjasama dan dorongan yang baik dari Pemda Maluku Tengah dan Provinsi Maluku, maka Rajai akan ke Jakarta untuk melakukan penandatanganan kerja sama (MoU) dengan Kementerian P dan K, soal bantuan sarana dan prasarana.(TM02)

 

Sumber :

https://vhost.id/sejarah-singkat-walisongo/

Usman

    Comments are closed.