Rencanakan USBN Sistem Komputer

Rencanakan USBN Sistem Komputer

Rencanakan USBN Sistem Komputer

Rencanakan USBN Sistem Komputer

Pada 2019 ini, Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bandung berencana akan memodifikasi

sistem Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) Sekolah Menengah Pertam (SMP) di Kota Bandung.

Staff Kurikulum SMP pada Disdik Kota Bandung, Saeful Kurniawan mengungkapkan, modifikasi sistem dilakukan setelah semua sekolah me­nerima bantuan alat penun­jang. Sehingga dapat dipas­tikan SMP Negeri dan SMP swasta di Kota Bandung sudah memadai dalam segi infra­struktur

”Rencananya USBN akan menggunakan sistem kom­puter layaknya UNBK. USBN

akan menggunakan sistem komputer melalui website Sakoja (Sekolah Juara),” ung­kap Saeful, saat ditemui di Kantor Dinas Pendidikan Kota Bandung, Jalan. Ahmad Yani, baru-baru ini.

Menurutnya, dalam sistem ujian tersebut, setiap siswa nantinya akan mengerjakan soal melalui aplikasi atau website yang dimiliki Disdik. Sehingga dengan sistem ini diharapkan akan mengurangi anggaran yang biasa dikelu­arkan.

”Ini akan lebih memberi efisiensi dalam segi peng­eluaran anggaran pengadaan kertas ujian, juga memperce­pat dalam proses input nilai,” ujarnya.

Selain mengurangi angga­ran, lanjutnya, dengan sistem ini juga, siswa dapat lebih cepat

menerima hasil ujian­nya. Sebab, nilai yang biasanya keluar satu bulan setelah ujian, melalui sistem komputer bisa langsung diketahui. Tidak hanya itu, sistem ini juga akan memberi fungsi dalam me­ningkatkan kualitas pengu­asaan teknologi (IT).

”Ini masih rencana, belum ada keputusan akhir. Kami masih memastikan setiap se­kolah apakah jaringan wifi di sekolah sudah merata siap untuk digunakan atau belum, kalau wifinya tidak siap, nanti malah akan jadi kendala untuk siswa,” tandasnya

 

Baca Juga :

 

 

Usman

    Comments are closed.