Lapan: Integrasi data citra satelit untuk K/L hemat triliunan rupiah

Lapan: Integrasi data citra satelit untuk K/L hemat triliunan rupiah

Lapan: Integrasi data citra satelit untuk K/L hemat triliunan rupiah

Lapan Integrasi data citra satelit untuk K L hemat triliunan rupiah

Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan)

Thomas Djamaluddin menuturkan melalui penyediaan data hasil citra satelit penginderaan jauh yang hanya dilakukan pihaknya untuk memenuhi kebutuhan kementerian dan lembaga serta pemerintah daerah dapat menghemat triliunan rupiah, yakni Rp21 triliun dari 2015 sampai 2018.

“Kami bandingkan kalau citra satelit itu diberikan oleh masing-masing kementerian dan lembaga efisiensi penghematan anggaran tahun 2015 itu sekitar Rp3 triliun, yang bisa kami hemat tahun 2016 meningkat karena penggunanya sudah makin bertambah itu bisa dihemat sekitar Rp5 triliun 2017, dan tahun 2018 itu Rp13 triliun bisa dihemat,” kata Thomas, Jakarta, Selasa.

Dengan kebijakan pemerintah untuk menyatukan sumber data citra satelit, kata Thomas, sudah memberikan kontribusi penghematan anggaran yang luar biasa.

Untuk mensinergikan kebutuhan terkait penginderaan jauh, sejak 2015

Lapan menyediakan dan membagikan citra satelit yang telah diakuisisi pada semua kementerian dan lembaga sejak adanya Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2018.

Baca juga: Lapan jadi koordinator empat prioritas riset nasional

“Citra satelit penginderaan jauh sekarang sudah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam pembangunan nasional,” ujarnya.

Perkembangan penginderaan citra satelit di Indonesia

dimulai sejak 1970-an. Dahulu masing-masing kementerian, lembaga, dan daerah mengadakan sendiri-sendiri. Namun, sejak 2012 dengan adanya Inpres Nomor 6 Tahun 2012, Lapan diberikan kewajiban untuk menyediakan citra satelit kepada semua kementerian, lembaga, dan daerah sehingga tidak boleh lagi masing-masing kementerian, lembaga, dan daerah mengadakan sendiri-sendiri dan itu diperkuat dengan Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2013.

 

Baca Juga :

Usman

    Comments are closed.