KIA Belum Jadi Syarat Pendaftaran PPDB

KIA Belum Jadi Syarat Pendaftaran PPDB

KIA Belum Jadi Syarat Pendaftaran PPDB

KIA Belum Jadi Syarat Pendaftaran PPDB

Terkait informasi tentang kartu identitas anak (KIA) yang menjadi syarat untuk

masuk sekolah tingkat sekolah dasar (SD) atau penerimaan peserta didik baru (PPDB) dibantah oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil serta Dinas Pendidikan Kabupaten Cirebon.

Kepala Bidang Pelayanan Pendaftran Penduduk (Dafduk) pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Cirebon,  Moh Sardar Ernedin mengatakan, tidak benar bahwa peruntukan KIA sebagai persyartan PPDB dan untuk saat ini para pembuatnya cukup tinggi, bahkan diketahui sekitar 30.000 KIA yang sudah dicetak.

Dia juga mengatakan tidak ada masalah dengan pencetakan KIA tersebut. “Karena blangko KIA kewenangannya ada di kami jadi tidak ada masalah dengan stok blangko KIA tersebut tiap hari sekitar 200 KIA dicetak,” katanya.

Ditambahkan Eren panggilan akrabnya, KIA bukan menjadi syarat untuk masuk sekolah.  “KIA ini sebetulnya inovasi dari kemendagri untuk membuktikan bahwa anak juga anak berhak  memiliki identitas melalui KIA,” ucapnya.

Menurut dia, KIA adalah kartu meyerupai KTP yang diperuntukkan anak usi 0- 17 tahun.

KIA dinilai sebagai data diri anak atau pengganti akta keahiran yang lebih efektif karena mudah dibawa.

Pembuatan KIA sangat mudah yakni dengan persyaratan akta kelahiran kartu keluarga, dan pas photo untuk 5-17tahun sedangkan untuk 0-5tahun tidak menggunakan pas photo. “Setelah kita buatkan KIA berturut-turut nanti ada KTP yang semuanya berbasis nomor induk kependudukan (NIK), NIK ini dimiliki satu warga satu jika semuahnya berdasarkan NIK maka seluruhnya bisa terpantau denga jelas,” urainya.

Ditempat terpisah, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Cirebon H. Asdulah Anwar

mengungkapkan, hingga saat ini kepemilikan KIA belum menjadi syarat sebagai pendaftar masuknya anak sekolah ke jenjang tingkat SD.

“Saat ini memang diluaran sana bereda bahwa banyak orang tua meyakini KIA sebagai syarat masuk SD namun hingga saat ini KIA belum menjadi syarat untuk masuk SD yang jelas saat ini masuk SD minimal usia 7 tahun melampirkan akta lahir dan KK orang tua,” ujarnya.

Pihaknya menegaskan, tidak membenarkan adanya persyaratan anak harus mimiliki KIA untuk bersekolah.

“Belum ada kebijakan dari pemerintah pusat terkait pemanfaatan KIA dalam PPDB namun dinas pendidikan kabupaten Cirebon medukung penuh pembuatan KIA bagi anak-anak di kabupaten Cirebon,”  pungkasnya.

 

Sumber :

https://www.belajarbahasainggrisku.id/

Usman

    Comments are closed.